Tag : nasabah

Tarif ATM Lintas Bank Naik, Ini Komentar BI

Tarif ATM Lintas Bank Naik, Ini Komentar BI

Sepertinya nasabah harus gigit jari menghadapi kenaikan biaya transaksi antar bank di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) . Pasalnya, Bank Indonesia (BI) bersikap pasif. Alasan bank sentral, BI tidak memiliki wewenang untuk mengatur tarif transaksi di ATM.  Tirta Segara, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI mengatakan, sebagai otoritas sistem pembayaran, BI memberikan aturan main secara umum. BI tidak mengatur besaran pungutan biaya di ATM karena masing-masing bank mengenakan tarif yang berbeda dan layanan yang berbeda. Tapi, "Yang diatur oleh BI tentang tarif adalah bank harus transparan kepada nasabah mengenai besaran biaya yang dikenakan untuk setiap layanan, termasuk tarif transaksi ATM," ujar Tirta. Tirta menambahkan, BI sudah menerima surat pemberitahuan dari penyedia jaringan ATM (switcher) perihal kenaikan biaya transaksi antar bank di ATM. Kendati tidak bisa mengatur, BI memberikan ruang bagi nasabah bank yang keberatan dengan kenaikan biaya transaksi antar bank di ATM. "Ada call center BI, nasabah bisa menyampaikan keluhan. BI akan selalu monitor. BI nanti
BCA Raih Penghargaan

BCA Raih Penghargaan "Best Bank in Indonesia

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraih penghargaan Best Bank in Indonesia dalam ajang Euromoney Awards for Excellence (Asia) 2014. Penghargaan tersebut secara langsung diterima oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Hongkong. Selain komitmen BCA untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya, ketatnya persaingan di dunia perbankan Indonesia merupakan salah satu pendorong untuk melakukan yang terbaik dan menghadirkan inovasi produk maupun layanan perbankan kepada masyarakat Indonesia, khususnya nasabah BCA," kata Jahja dalam keterangan resmi. Lebih lanjut, Jahja mengungkapkan predikat sebagai Best Bank in Indonesia dari Majalah Euromoney ini merupakan penghargaan atas kerja keras seluruh karyawan dan manajemen dalam melayani dan memenuhi kebutuhan nasabah. Penghargaan tersebut merupakan ajang penghargaan paling dihormati dalam industri keuangan.
Permudah Kebutuhan Bisnis, CIMB Niaga Luncurkan Tabungan Usaha

Permudah Kebutuhan Bisnis, CIMB Niaga Luncurkan Tabungan Usaha

PT Bank CIMB Niaga Tbk menyiapkan satu produk khusus yaitu Tabungan Usaha untuk memenuhi kebutuhan bagi pelaku usaha. Tabungan ini dapat digunakan untuk memperlancar transaksi sekaligus memberi keuntungan bisnis. Head of  Preferred, Private, Wealth Management & Consumer Liabilities Business CIMB Niaga Budiman Tanjung mengatakan, pengusaha umumnya memiliki frekuensi transaksi perbankan yang tinggi untuk kebutuhan bisnisnya. Di sisi lain, mereka biasanya menginginkan manfaat dan bunga tabungan yang lebih dari produk tabungan biasa. Dengan memiliki Tabungan Usaha, nasabah dapat menikmati berbagai fitur menarik untuk kemudahan dan keuntungan bisnis, di antaranya bunga hingga 7,5% per annum/p.a.,” kata Budiman dalam keterangan resmi di Jakarta. Menurut Budiman, sejumlah keuntungan dapat dinikmati pemilik rekening ini, di antaranya auto sweep yang memungkinkan nasabah memindahkan dana pada rekeningnya secara otomatis ke rekening CIMB Niaga lain sesuai keinginan dan kebutuhan. Selain itu, nasabah juga dapat melakukan setor tunai tanpa harus datang ke kantor cabang CIMB Niaga karena tersedianya fasilitas pick up service. Kami
Kurangi Kejahatan, Bank Diimbau Jangan Terlalu Agresif Dirikan ATM

Kurangi Kejahatan, Bank Diimbau Jangan Terlalu Agresif Dirikan ATM

Maraknya aksi kejahatan penggandaan kartu (skimming) yang menimpa nasabah bank merupakan suatu kejadian yang membuat resah. Hal tersebut tidak luput dari kesalahan Bank yang terlalu menginginkan pertumbuhan namun tak memperhatikan keamanan. Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Darmadi Sutanto mengatakan kejahatan skimming di mesin ATM sebenarnya dipicu oleh bank-bank swasta yang terlalu agresif. Agresifnya bank disini dalam artian mereka menempatkan ATM-ATM di berbagai tempat, tujuannya tentu mempermudah nasabah dalam mengambil uang, namun, nyatanya kan memberikan layanan kepada nasabah juga ada resikonya. Darmadi menambahkan, agersifitas bank dalam menempatkan banyak ATM ini yang sekarang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut membuat ATM dimanipulasi oleh orang jahat dengan menggunakan alat skimmer. Memasang alat skimmer ini kan sebenarnya tidak sebentar atau membutuhkan waktu. tapi mereka bisa melakukannya dan korbannya ya tentu nasabah itu sendiri," ujarnya. Sementara itu, bank baru dibuatkan sistem baru tahun 2016. "Kalau tidak salah untuk mengurangi skimming, tahun 2016 kan atm akan