Tag : speciality

Produk Makan RI Kian Digemari Amerika

Produk Makan RI Kian Digemari Amerika

Produk makanan dan minuman Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia sudah banyak yang masuk pasar Pantai Timur Amerika Serikat (AS), termasuk New York. Produk-produk yang kian banyak menarik perhatian konsumen AS antara lain sambal, kecap, bumbu-bumbu tunggal (vanili, kayu manis, kluwek), dan bumbu-bumbu racikan (bumbu gulai, bumbu nasi goreng, bumbu pecel). Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi saat melakukan kunjungan kerja ke New York, AS, pada 29-31 Maret 2014. Makanan olahan Indonesia itu dilihat pasar AS sebagai "speciality food"  yang menarik karena karakteristik tertentu, seperti originalitas, etnik atau latar belakang budayanya, cara pengolahan yang khas, bahan yang dipakai, dan sifatnya yang eksklusif,”  jelas Wamendag dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (31/3/2014). Menurut Wamendag, pasar  speciality food  di AS mencapai sekitar USD90 miliar. Dari pasar yang besar itu, produk-produk dari Indonesia termasuk subkategori makanan ringan (snack), minuman, saus ( condiment), bumbu, acar, dan olahan buah/sayur. Saat ini di AS, lanjut Wamendag, minat