Tag : makanan

Lima Cara Memilih Makanan untuk Melawan Kanker

Lima Cara Memilih Makanan untuk Melawan Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat banyak penderitanya di Indonesia. Kanker bisa disebabkan oleh pola makan dan hidup yang tidak sehat. Jika sudah terkena kanker, pola makan pun harus tetap dijaga. Better Nutrition Simplified (BNS) memberikan tips memilih makanan yang baik untuk penderita kanker maupun yang ingin mencegah terkena penyakit ini. Berikut lima cara memilih makanan untuk melawan kanker. Hindari makanan dengan pewarna buatan Tubuh yang sehat harus diberikan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan dengan pemanis maupun pewarna buatan. Makanan tanpa pewarna buatan dapat mencegah kanker dan memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Pilih makanan organik Pilih makanan seperti buah-buahan dan sayuran lokal untuk mendapatkan nutrisi yang sempurna di setiap gigitannya. Pilih yang organik karena terbebas dari bahan kimia. Makan sayuran dan tempe PIlihlah makanan yang dapat memberikan kekebalan tubuh dan baik untuk pencernaan Anda. Setiap hari, konsumsi lah sayuran organik seperti brokoli, buah-buahan, jahe, dan kunyit. Makanan fermentasi seperti tempe juga baik untuk probiotik. Kurangi makanan manis Kelebihan gula
Pilihlah Buah dan Sayur Berwarna Gelap

Pilihlah Buah dan Sayur Berwarna Gelap

Buah-buahan merupakan sumber serat, vitamin, dan juga antioksidan. Namun jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak antioksidan, lebih baik memilih buah dan sayuran berwarna gelap. Bagi para atlet, buah dan sayuran berwarna gelap juga disarankan karena kandungan antioksidannya sangat baik untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan nyeri otot, inflamasi, lemas, dan kematian prematur sel. Radikal bebas merupakan suatu atom molekul atau senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan sehingga sangat reaktif. Radikal bebas dapat terbentuk dalam tubuh saat bernafas sebagai hasil samping proses oksidasi atau pembakaran, olahraga yang berlebihan, ketika terjadi peradangan, terpapar polusi lingkungan seperti dari asap rokok, kendaraan bermotor, radiasi, dan sebagainya. Untuk menghindari efek buruk radikal bebas, mengonsumsi bahan makanan yang berwarna gelap sangat dianjurkan. Berikut adalah beberapa buah dan sayur yang dianjurkan. Buah-buahan: Berrie (blueberri dan blackberry), buah ceri, cranberries, tomat, dan prunes. Sayuran: Brokoli, kol, wortel, ubi ungu, buah bit, dan lobak merah. Sayuran berdaun: Bayam, kacang hitam, lentil,
Waspadai Kandungan Minyak Dalam Nasi Goreng

Waspadai Kandungan Minyak Dalam Nasi Goreng

Nasi goreng adalah menu andalan banyak orang. Makanan ini biasa dinikmati saat sarapan atau makan malam karena rasanya yang sedap dan gurih. Sayangnya, kandungan minyak di dalam nasi goreng termasuk tinggi sehingga konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan asupan kalori. Dokter spesialis gizi klinik Inge Permadhi mengatakan, sering kali orang tidak menyadari tambahan minyak dalam makanan yang dikonsumsi. Padahal, makanan berminyak termasuk nasi goreng bisa mengandung kalori dua kali lipat daripada makanan yang sama dengan cara memasak yang berbeda. Misalnya kerupuk, bahan dasarnya hanya mengandung 10 kalori, namun ketika kerupuk digoreng, minyak akan melekat dan menambah kalori sebanyak 9 kalori. Sehingga totalnya adalah 19 kalori, hampir dua kali lipatnya," ujar Inge dalam sebuah talkshow "Kampanye Sehat Nestle Indonesia: Zona Sehat Nestle" di Jakarta. Menurut Inge, kandungan minyak pada nasi goreng termasuk tinggi karena dimasak menggunakan minyak goreng atau mentega. Jika dipanaskan, kedua bahan tersebut akan berubah menjadi lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko
Nih, Makanan Ampuh Turunkan Berat Badan

Nih, Makanan Ampuh Turunkan Berat Badan

TAHUKAH Anda bahwa ada makanan yang bila dikonsumsi bisa menurunkan berat badan? Ya, makanan tersebut asalkan dikonsumsi secara rutin.   Hasil studi dari Harvard menemukan bahwa ada makanan yang bila dijadikan makanan harian, perlahan bisa menurunkan berat badan seseseorang. Untuk mengetahui apa saja makanan itu, berikut ulasannya seperti dilansir Healthmeup. 1. Sayuran Sayuran memang tak dipungkiri lagi bisa menurunkan berat badan. Sayuran berdaun hijau, tomat, sayuran semua berwarna lainnya kaya akan gizi dan mengenyangkan perut Anda. Sayuran adalah suatu keharusan bila Anda sedang mencoba menurunkan berat badan. 2. Biji-bijian Biji-bijian, gandum, beras merah, biji-bijian yang kaya serat dan mempromosikan penurunan berat badan dijadikan pola makan harian. Tapi hal itu Anda dapatkan hanya bila Anda konsisten mengonsumsinya dan makanan yang rendah gula. 3. Buah-buahan Buah ialah camilan yang baik diantara waktu makan, bergizi dan lezat. Buah juga merupakan makanan yang berada di urutan teratas yang mempromosikan penurunan berat badan. 4. Kacang Kacang merupakan makanan luar biasa pengisi waktu