Tag : senin

Euro terangkat kembali

Euro terangkat kembali

Euro sedikit menguat terhadap dolar AS pada Senin (10/8). Dipicu dari perundingan optimis Yunani dan juga ECB. Senin (10/8). EURUSD menguat 0.20% di level 1.0966. Dari akhir pekan, Tsakalotos dan Stathakis memimpin jalannya diskusi dengan Komisi Eropa, IMF, ECB mengenai dana bailout Eurozone, mereka bersepakat untuk mencapai kesepakatan dengan 20 Agustus untuk menjamin dana untuk pembayaran ECB. Mengutip seorang pejabat Yunani bahwa perjanjian harus ditutup selambat-lambatnya 18 Agustus. Selain itu, kawasan PDB Q2 akan dirilis pada hari Jumat mendatang, hal tersebut dinantikan para investor di minggu ini. Sebelum itu, ada data produksi industri Euro bulan Juni pada Rabu mendatang yang juga akan dimonitor.
Rupiah Diprediksi Kembali Tertekan Usai Naik

Rupiah Diprediksi Kembali Tertekan Usai Naik

Nilai tukar rupiah diproyeksikan kembali menghadapi tekanan pelemahan pada perdagangan Selasa (5/8/2014) seiring dengan penguatan mata uang dollar AS. Buruknya angka sentix investor confidence Zona Euro serta tingginya permintaan aset safe-haven menjaga tren penguatan dollar index hingga dini hari tadi. Dollar index menguat seiring dengan yield US Treasury 10 tahun di bawah 2,5 persen. Sementara itu, investor masih menunggu dirilisnya indeks non-manufaktur China pada pagi ini. Setelah melemah tajam di akhir pekan lalu, rupiah menguat semenjak pembukaan Senin (4/8/2014) pagi. Kenyataan neraca perdagangan Juni kembali defisit sama sekali tidak memicu pelemahan rupiah. Rupiah menguat bersama mata uang lain di pasar Asia hingga Senin sore. Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, penguatan dollar AS berpeluang mengembalikan tekanan pelemahan terhadap mata uang Asia termasuk rupiah. Data PDB triwulan kedua 2014 ditunggu dan diperkirakan kembali melambat ke 5,15 persen secara tahunan.
Jokowi Effect, Rupiah Menguat ke Kisaran 11.200 Per Dollar AS

Jokowi Effect, Rupiah Menguat ke Kisaran 11.200 Per Dollar AS

Jokowi effect rupanya masih mendorong investor untuk terus mengoleksi rupiah.  Di pasar spot, Senin (17/3/2014) pagi, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat hingga menembus ke kisaran 11.200. Dikutip dari data Bloomberg pukul 10.13 WIB,  rupiah bertengger di posisi Rp 11.257,5 per dollar AS. Posisi ini naik 1,33 persen di banding penutupan akhir pekan lalu di level Rp 11.356,3 per dollar AS.  Pagi ini rupiah dibuka menguat ke posisi 11.302,5. Pada Jumat (14/3/2014) lalu, mata uang RI ini menguat ke level RP 11.356,3 per dollar AS, beberapa saat setelah penetapan Jokowi sebagai calon presiden PDI Perjuangan. Padahal sebelumnya, rupiah sempat terjerembab di zona merah hingga menembus kisaran Rp 11.400-an. Sementara itu kurs tengah Bank Indonesia untuk hari ini akan diumumkan siang ini. Sedangkan pada Jumat lalu, BI mematok kurs tengah pada Rp 11.421 per dollar AS.